Minggu, 17 Mei 2009

Teknik Jejak Kaki



Teknik Jejak kaki???

Pada bagian-bagian sebelumnya, kita sudah mempelajari mengenai kutipan serta teknik penulisannya. Bagaimana, apakah Anda sudah cukup ilmu mengenai kutipan???...
Sekarang marilah kita melangkah satu langkah ke depan. Bagian kali ini membahas tentang jejak kaki. Wah pasti pada kebingungan mengenai deskripsi jejak kaki. Apa itu jejak kaki??? Jejak kaki merupakan sinonim dari catatan kaki. Apa itu catatan kaki???...wah semakin tambha bingung ya…Dibaca ya sedikit gemelintir rangkaian kata-kata di bawah ini.

Catatan Kaki
1.Pengertian Catatan Kaki
Catatan kaki atau Foot Note merupakan keterangan tambahan atas teks karangan yang terletak dibagian bawah halaman dan dipisahkan dari teks karya ilmiah oleh sebuah garis sepanjang dua puluh ketukan.

2.Kegunaan Catatan Kaki
a.Menjelaskan referensi yang dipergunakan bagi pernyataan dalam teks.
b.Menjelaskan komentar penulis terhadap pernyataan dalam teks karena dapat mengganggu alur tulisan.
c.Menunjukkan sumber lain yang membicarakan hal yang sama.

3.Cara Penulisan Catatan Kaki
a.Catatan kaki dipisahkan tiga spasi dari naskah halaman yang sama.
b.Antara catatan kaki dipisahkan dengan satu spasi.
c.Catatan kaki dari dua baris diketik dengan satu spasi
d.Catatan kaki diketik sejajar dengan margin
e.Catatan kaki jenis karangan ilmiah formal, diberi nomer urut mulai dari nol untuk Catatan kaki pertama pada awal ditulis lebig kecil dari huruf lainnya.

Contoh :

1William N. Dunn, Kebijaksanaan Publik, terj. Mujahir Darwin, (Yogyakarta: Hanin Dita, 2001), 30-32.

1 komentar:

  1. siang Nivita, qu Fahrizal di Aceh, tdnya mo cari pengertian,maksud dan tujuan dari "cara" tapi blog Nobi yg kluar ne, sudah qu cari artikel yg bersangkutan gak ada, kalo boleh minta tolong kirim ya (pengertian, maksud dan tujuan dari "cara") ke rizal_lphc@yahoo.co.id, qu perlu tu tuk membahas sbuah masalah di tempat ku ngajar,kbtulan qu ni bukan lulusan Bahasa/sastra tp lulusan FKIP Fisika. tolong ya Nobi, salam knal n ja Tq tas bantuannya

    BalasHapus